Cara Ubah Koordinat UTM ke Geografis (Koordinat yang ada derajatnya) :-D dengan menggunakan google Earth - Barno Suud

Situs Pribadi Barno Suud. Berisi Ilmu Pengetahuan (Knowledge), Planologi (Perencanaan Wilayah dan Kota), Teknik Lingkungan, GIS (Geographic Information System), Agama Islam, Lagu Islam, Sharing Perjuangan, Romance, Bisnis, Traveling, Jasa Pembuatan Peta Digital, Serta artikel bermanfaat lainnya.


Breaking

Home Top Ad

Jangan biarkan Rezeki & Ilmumu hanya untuk dirimu Sendiri . . . !!!

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, December 13, 2017

Cara Ubah Koordinat UTM ke Geografis (Koordinat yang ada derajatnya) :-D dengan menggunakan google Earth

Hai Brow, kali ini saya akan menunjukkan caranya mengubah Koordinat dari UTM ke Geografis (Koordinat yang ada derajatnya) :-D dengan menggunakan google Earth. Misalkan kita punya dua koordinat sebagai berikut. Cek Ki Dottt :-D


1) Kita buka Google Earth 
2) Pastikan settingan sistem koordinat sesuai dengan yang mau diubah (Dalam hal ini format UTM).          Caranya dengan klik Tools lalu Options , pada show lat/Long dicentang sistem koordinatnya (Dalam     Hal ini Universal Tranverse Mercator/UTM karena yang akan diubah adalah sistemnya ini).


3) Setelah dicentang klik OK
4) Entri koordinat yang mau diubah, caranya dengan add placemark dengan mengeklik pin warna             kuning yang ada tanda plusnya. Namun sebelum dientri zoom dulu ke lokasi yang dimaksud (Dalam      hal ini misalkan kita akan masuk ke kabupaten kalabahi), setelah zoom dan menemukan daerah yang      dimaksud silahkan entri koordinat. Setelah dientri jangan lupa klik ok.

 

    Setelah semua koordinat dientri berdasarkan proses diatas. Lakukan proses seperti langkah nomer 2.     Namun sistem koordinat pada show lat/Long diubah jadi degrees, minutes, seconds.
5) Setelah diubah jangan lupa klik OK

Lalu lihat hasilnya. Maka otomatis akan berubah sistem koordinat dari UTM ke geografis (yang ada derajatnya).


Cara melihat hasilnya yaitu dengan cara klik kanan hasil yang telah dientri, lalu pilih propertis pada tag2kan/Entrian. Akan muncul hasilnya. 

 
6) Sekian, selamat mencoba. Trimakasih :-) 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Melayani jasa Pembuatan Peta berbasis GIS untuk akademisi, Dinas/Instansi Pemerintah, praktisi, Konsultan, Kontraktor, Pengusaha. Silahkan HUBUNGI : 081357112825

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here